Masuk Surga Karena Rahmat Allah

Ingin Meminang Bidadari, Siapkan Maharnya !!!

يَا عِبَادِ لَا خَوْفٌ عَلَيْكُمُ الْيَوْمَ وَلَا أَنتُمْ تَحْزَنُونَ الَّذِينَ آمَنُوا بِآيَاتِنَا وَكَانُوا مُسْلِمِينَ ادْخُلُوا الْجَنَّةَ أَنتُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ تُحْبَرُونَ يُطَافُ عَلَيْهِم بِصِحَافٍ مِّن ذَهَبٍ وَأَكْوَابٍ وَفِيهَا مَا تَشْتَهِيهِ الْأَنفُسُ وَتَلَذُّ الْأَعْيُنُ وَأَنتُمْ فِيهَا خَالِدُونَ وَتِلْكَ الْجَنَّةُ الَّتِي أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ
“Hai hamba-hamba-Ku, tiada kekhawatiran terhadapmu pada hari ini dan tidak pula kamu bersedih hati. (Yaitu) orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami dan adalah mereka dahulu orang-orang yang berserah diri. Masuklah kamu ke dalam surga, kamu dan istri-istri kamu digembirakan. Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya. Dan itulah surga yang diwariskan kepada kamu disebabkan amal-amal yang dahulu kamu kerjakan”. (Q.S Az-Zukhruf: 68-72)

أي أعمالكم الصالحة كانت سببا لشمول رحمة الله إياكم فإنه لا يدخل أحدا عمله الجنة ولكن برحمة الله وفضله وإنما الدرجات ينال تفاوتها بحسب الأعمال الصالحات
Ibnu Katsir berkata: “Maksud ayat di atas adalah ‘amal sholeh kalian menjadi faktor yang menyebabkan rahmat Allah dapat meliputi kalian. Sesungguhnya, tidaklah seseorang masuk ke dalam surga karena ‘amalnya melainkan rahmat dan anugerah Allah. Sementara keterpautan derajat surga yang diperoleh ditentukan oleh ‘amal sholeh”. (Tafsir Ibnu Katsir)

Ibnu Rojab Rahimahullah berkata: “Membangun bangunan jannah dan menanam pohon dapat terwujud dengan amal sholeh anak Adam, seperti berdzikir dan perbuatan yang sejenisnya. Begitu juga, kadar kecantikan bidadari dan istri penghuni jannah serta fasilitas lain yang ada di jannah akan semakin bertambah seiring semakin baiknya amal sholeh para penghuni jannah. Begitu juga naar jahannam, tempatnya akan semakin mengakar dan alat-alat untuk menyiksa semakin bertambah seiring bertambahnya dosa dan kesalahan anak Adam, serta murka Rabb Subhanahu wa Ta’ala” (Lihat Mukhtasar Washfi An-Naar, karya Ibnu Rojab)

***Wallahu A’lam***

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Kajian.Net
  • Kategori

  • rindusunnah.com
  • Calendar

    Juni 2012
    S S R K J S M
    « Mei   Jul »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    252627282930