Jangan Berdusta atas Nama Nabi dan Jangan Mendustakan Hadits Nabi

Meriwayatkan Hadits Palsu SAMA DENGAN Berdusta Atas Nama Nabi SAMA DENGAN Mengambil Tempat di Neraka

Dari ‘Ali ibn Abi Tholib Radhiallahu’anhu, Nabi Sholallahu’alaihi wa sallam bersabda:

لاَ تَكْذِبُوا عَلَيَّ، فَإِنَّهُ مَنْ كَذَبَ عَلَيَّ فَلْيَلِجِ النَّارَ

 “Janganlah kalian berbohong dengan mengatasnamakan diriku. Karena sesungguhnya barangsiapa yang berbohong dengan mengatasnamakan aku, maka dia akan masuk neraka” (HR. Bukhari no. 106; Muslim no. 1; Ahmad no. 1292; Tirmidzi no. 2660; Ibnu Majah no. 31; Nasa’i no. 5880; Hakim no. 2614; Abi Y’la no. 627; dll)

Dari Anas bin Malik Radhiallahu’anhu, Nabi Sholallahu’alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ تَعَمَّدَ عَلَيَّ كَذِبًا، فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ

Barangsiapa sengaja berbohong dengan mengatasnamakan diriku, maka hendaklah dia mempersiapkan tempat duduknya dari api neraka” (HR. Muslim no. 2; Bukhari no. 108; Nasa’i no. 5882)

Dari Abu Hurairah Radhiallahu’anhu, Nabi Sholallahu’alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ

Barangsiapa sengaja berbohong dengan mengatasnamakan diriku, maka hendaklah dia mempersiapkan tempat duduknya dari api neraka” (HR.Bukhari no. 110; Muslim no. 3; Ahmad no. 9316)

Matan hadits-hadits di atas tergolong “Sangat Shahih dan memiliki kualitas yang tinggi. Bahkan hadits ini adalah “Mutawatir” sebagaimana yang disebutkan oleh Abu Bakar Al-Bazzar dalam kitab Musnadnya. Abul Qasim Abdurrahman bin Mundih menyebutkan bahwa jumlah perawi hadits itu yang berasal dari kalangan sahabat mencapai 87 orang. Ulama ahli hadits lain ada yang mengatakan telah diriwayatkan oleh 92 orang sahabat. Di antara para sahabat yang dimaksud adalah sepuluh orang yang telah dikabarkan surga. (Lihat Syarh Shahih Muslim; Imam Nawawi)

Menurut Imam Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim, faedah dan kaedah yang dikandung hadits ini adalah:

  1. Termasuk kategori berdusta adalah menyampaikan informasi yang tidak sesuai dengan fakta, baik secara sengaja maupun secara lalai.
  2. Ancaman berdusta atas nama Nabi Sholallahu’alaihi wa sallam, ini dianggap sebagai perbuatan keji dan termasuk dosa besar.
  3. Tidak ada bedanya antara berdusta atas nama Nabi dalam hal yang mengandung hukum dan yang tidak mengandung hukum.
  4. Haram hukumnya meriwayatkan hadits Maudhuu’ atau “PALSU” bagi mereka yang mengetahui ataupun bagi yang punya firasat hadits itu maudhuu’.

 Selain berdusta atas nama Rasulullah, kita juga dilarang mendustai hadits Nabi yang jelas-jelas shohih dan mengingkari hukum yang ada pada hadits tersebut, sebagaimana diriwayatkan bahwa:

مَنْ حَدَّثَ عَنِّي بِحَدِيثٍ يُرَى أَنَّهُ كَذِبٌ، فَهُوَ أَحَدُ الْكَاذِبِينَ

Barangsiapa yang meriwayatkan hadits dariku, namun dia berpendapat bahwa isinya adalah dusta, maka dia termasuk salah satu pendusta”  (HR. Muslim dalam Mukadimah; Ibnu Majah dalam sunannya, hadits no. 39)

Ibnul Jauzy berkata:

وقد ذهب طائفة من العلماء إلى أن الكذب على الله وعلى رسوله كفر ينقل عن الملة ولا ريب أن الكذب على الله وعلى رسوله في تحليل حرام وتحريم حلال كفر محض وإنما الشأن في الكذب عليه فيما سوى ذلك

“Sekelompok Ulama berpendapat bahwa berbuat dusta terhadap Allah dan Rasul-Nya merupakan perbuatan kufur, mengeluarkan pelakunya dari millah. Tidak disangsikan lagi bahwa berdusta terhadap Allah dan Rasul-Nya dalam masalah menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal adalah benar-benar kufur. Namun yang masih diperbincangkan adalah berdusta dalam masalah-masalah selainnya”. (Al-Kaba’ir; Imam Adz-Dzahabi)

Semoga Allah ‘Azza wa Jalla melindungi lisan kita dari kedustaan atas nama Rasulullah Sholallahu’alaihi wa sallam, serta semoga kita dilindungi dan dijauhkan dari syubhat para penyeru yang menyerukan hadits-hadits maudhuu’ atau palsu dan mendustakan hadits-hadits Shohih.

*** Wallahu A’lam ***

 

  

 

    

, , , , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Kajian.Net
  • Kategori

  • rindusunnah.com
  • Calendar

    Mei 2012
    S S R K J S M
    « Apr   Jun »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
%d blogger menyukai ini: