Kesesatan Sihir

SIHIR

Tukang sihir itu kafir.

Allah berfirman:
وَلَكِنَّ الشَّيَاطِينَ كَفَرُوا يُعَلِّمُونَ النَّاسَ السِّحْرَ
“Akan tetapi setan-setan itulah yang kafir. Mereka mengajarkan sihir kepada manusia.” (Al-Baqarah: 102)
Dalam mengajarkan sihir kepada manusia setan tidak mempunyai maksud kecuali agar ia menjadi musyrik.
Berkenaan dengan Harut dan Marut Allah berfirman, “Dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil yaiu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorangpun sebelum mengatakan, ”Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir”. Maka mereka mempelajari dart’ keduanya apa yang dengan sihir itu mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan isterinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorangpun, kecuali dengan ijin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfaat. Dan sesungguhnya mereka telah tahu bahwa barang siapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat.” (Al-Baqarah: 102)

Anda dapat menyaksikan betapa banyak orang yang tersesat, memasuki wilayah sihir dan menyangka bahwa hukum sihir itu haram saja. Mereka tidak menyangka bahwa hukum sebenarnya adalah kufur.

Mereka mengajarkan ilmu Santet dan mengamalkannya, padahal ia sihir. Ada juga yang mengikat seseorang (mengguna-gunai, memelet) dari istrinya, dan yang sejenisnya dengan kalimat-kalimat tak bermakna yang kebanyakannya syirik dan kesesatan.

Hukuman bagi penyihir adalah dibunuh. Sebab sihir itu kufur kepada Allah atau mendekatinya. Nabi Sholallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Jauhilah tujuh perkara yang membinasakan!” Lalu beliau menyebutkan diantaranya sihir.” (HR. Bukhari (2766))

Bajalah bin ‘Abdah berkata, “Telah sampai kepada kami surat dari Umar setahun sebelum wafat yang isinya,
اقْتُلُوا كُلَّ سَاحِرٍ
‘hendaknya kalian membunuh semua penyihir; laki-laki dan perempuan!” (HR. AI-Bukhari, Abu Dawud (3043), dan Ahmad)

Wahb bin Munabbih berkata, “Diantara buku-buku yang saya baca ada yang menyebut bahwa Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, ‘Tidak ada ilah yang berhak diibadahi kecuali Aku. Bukanlah termasuk wali-Ku orang yang menyihir dan minta disihirkan. Juga orang yang praktek dukun dan yang minta jasanya. Juga orang yang bertathayyur (meramal nasib dengan burung) dan yang memintanya. ” (Abdurrazaq (20350); Thabrani; Al-Albani dalam Ash-Shahihah (2195)

Ali bin Abi Thalib meriwayatkan Rasulullah Sholallahu’alaihi wa sallam bersabda,
“Tiga orang tidak masuk surga; penenggak minuman keras, pemutus tali silaturrahim, dan pembenar sihir.” (HR. Ahmad (4/399), lbnu Hibban (5346), dan AI-Hakim (4/146))

Secara marfu’ Abdullah bin Masud meriwayatkan,
“Sesungguhnya Ruqa, Tamaim, dan Tiwalah itu termasuk syirik.” (HR. Ahmad, Abu Dawud (3883), Ibnu Majah (3530))

Tamaim/ tamimah adalah sesuatu yang dikalungkan oleh orang-orang jahil pada leher mereka, leher anak-anak mereka, dan binatang peliharaan mereka. Mereka menyangka benda itu dapat menangkal ‘ain. Ini termasuk amalan jahiliyah. Siapapun yang meyakininya telah syirik.

Tiwalah adalah salah satu jenis sihir. Yaitu mengguna-gunai perempuan agar mencintai suaminya. Hal ini dikategorikan sihir karena orang-orang yang jahil akan menyangka bahwa hal itu dapat memberikan pengaruh yang berbeda dengan taqdir Allah Subhanahu wa ta’ala.

Khaththabiy berkata, “Apabila ruqyah dilakukan dengan al-Qur’an atau dengan asmaul husna, hukumnya mubah. Sebab Nabi Sholallahu’alaihi wa sallam pernah merugyah Hasan dan Husain. Beliau berucap:
” kalian berdua aku nuntakan perlindangan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari setiap setan, hamah, dan ‘ain lamah.” (HR. Bukhari (3371). Abu Dawud (4737),At-Tirmidzi (2060))

Hanya kepada Allah-lah kita memohon pertolongan, dan kepadaNya sajalah kita berserah diri.

*** Wallahu A’lam ***

, , , , , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Kajian.Net
  • Kategori

  • rindusunnah.com
  • Calendar

    November 2011
    S S R K J S M
    « Sep   Des »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  
%d blogger menyukai ini: