Hadits Tentang Ramadhan (Rahmat, Maghfiroh, Itqum minannar) Adalah “DHOI’F”

Para Da’i dan Ustadz yang tampil ceramah di Ramadhan mengatakan bahwa 10 malam pertama Ramadhan adalah Rahmat, dan 10 malam pertengahan adalah Maghfiroh (ampunan) dan 10 malam terakhir adalah Itqum mina Nar (pembebasan dari api neraka). Benarkah hadits ini dari Rasulullah ? dan Shohihkah hadits ini ? Berikut pembahasannya:

Inilah lafazh teks asli Hadits yang sering kita dengar di bulan yang mulia ini:

يا أيها الناس قد أظلكم شهر عظيم شهر فيه ليلة خير من ألف شهر جعل الله صيامه فريضة وقيام ليله تطوعا من تقرب فيه بخصلة من الخير كان كمن أدى فريضة فيما سواه ومن أدى فيه فريضة كان كمن أدى سبعين فريضة فيما سواه وهو شهر الصبر والصبر ثوابه الجنة وشهر المواساة وشهر يزاد فيه في رزق المؤمن ومن فطر فيه صائما كان مغفرة لذنوبه وعتق رقبته من النار وكان له مثل أجره من غير أن ينقص من أجره شيء قالوا يا رسول الله ليس كلنا يحد ما يفطر الصائم قال يعطي الله هذا الثواب من فطر صائما على مذقة لبن أو تمرة أو شربة من ماء ومن أشبع صائما سقاه الله من الحوض شربة لايظمأ حتى يدخل الجنة وهو شهر أوله رحمة ووسطه مغفرة وآخره عتق من النار فاستكثروا فيه من أربع خصال خصلتان ترضون بهما ربكم وخصلتان لاغنى بكم عنهما أما الخصلتان اللتان ترضون بهما ربكم فشهادة أن لاإله إلا الله وتستغفرونه وأما الخصلتان اللتان لاغنى بكم عنهما فتسألون الجنة وتعوذون من النار . ( منكر ) _

“‘Wahai sekalian manusia, telah menaungi kalian suatu bulan yang sangat agung. Bulan yang di dalamnya terdapat kebaikan melebihi kebaikan seribu bulan. Allah telah menjadikan puasanya fardhu, dan qiyam pada malamnya tathawu’. Siapa saja yang mendekatkan diri kepada-Nya dengan amalan kebaikan, maka ia bagaikan orang yang menjalankan fardhu pada selain bulan tersebut. Sedangkan orang yang mengamalkan fardhu pada bulan itu bagaikan orang yang menjalankan tujuh puluh fardhu pada selain bulan itu. Inilah bulan kesabaran, dan sabar berpahalakan surga. Dan juga bulan santunan, bulan yang di dalamnya terdapat tambahan rezeki bagi seorang mukmin. Siapa saja yang memberi makan orang yang sedang berpuasa, maka baginya ampunan atas dosa-dosanya dan pembebasan dari api neraka, dan baginya pula pahala bagi pahala orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikit pun.’ Para sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, tidak semua kami berkemampuan untuk memberi makan orang yang berpuasa.’ Beliau menjawab, ‘Allah memberikan pahala tersebut kepada siapa saja yang memberi makan berupa air susu yang dicampur dengan air, atau buah kurma, atau hanya air. Dan siapa saja yang mengenyangkan orang yang berpuasa, maka Allah akan meminumkannya air dari telaga sekali minum dan tidak akan pernah merasa haus selamanya hingga ia masuk ke daiam surga. Itulah bulan yang permulaannya rahmat, pertengahannya ampunan, dan akhirnya adalah pembebasan dari api neraka. Karena itu hendak-nya kalian memperbanyak melakukan empat hal, dua hal sangat diridhai Allah, dan dua hal lainnya kalian tidak mungkin mengabaikannya. Dua hal yang sangat diridhai-Nya adalah mengucap syahadat (kesaksian) bahwa tiada tuhan selain Allah dan memohon ampunan kepada-Nya. Sedangkan dua hal yang sangat kalian butuhkan adalah memohon kepada-Nya untuk mendapatkan surga dan berlindung kepada-Nya dari neraka.'”

Hadits ini panjang, diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah (1887) dan Al-Muhamili di dalam Amalinya (293) dan Al-Asbahani dalam At-Targhib (q/178, b/tulisan tangan) dari jalan Ali bin Zaid Jad’an dari Sa’id bin Al-Musayyib dari Salman.

Hadits ini sanadnya Dhaif alias LEMAH, karena lemahnya Ali bin Zaid,

1. Ibnu Sa’ad berkata: “Di dalamnya ada kelemahan dan jangan berhujjah dengannya”

2. Imam Ahmad bin Hanbal berkata : “Tidak kuat”

3. Ibnu Ma’in berkata: “Dha’if”

4. Ibnu Abi Khaitsamah berkata: “Lemah di segala penjuru”

5. Ibnu Khuzaimah sendiri berkata: “Jangan berhujjah dengan hadits ini, karena jelek hafalannya”

Demikian di dalam Tahdzibut Tahdzib [7/322-323].

6. Ibnu Hajar berkata dalam Al-Athraf, Sumbernya pada Ali bin Zaid bin Jad’an, dan dia lemah, sebagaimana hal ini dinukilkan oleh Imam As-Suyuthi di dalam Jami’ul Jawami (no. 23714 -tertib urutannya).

7.Ibnu Abi Hatim menukilkan dari bapaknya di dalam Illalul Hadits (I/249), hadits yang MUNGKAR

Periksalah kitab : Silsilah Ahaadits Dloif wal Maudluah No. 871, At-Targhib Wat-Tarhieb jilid 2 halaman 94, Mizanul I’tidal jilid 3 halaman 127.

Dari segi matannya, hadits ini bertentangan dengan hadits Shohih yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, yang artinya:
Dari Abu Kuraib Muhammad bin Al Ala bin Kuraib, dari Abu Bakar bin Ayyasy, dari Al A’masy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah Rodhiallhu’anhu, dia berkata, “Rasulullah Sholallahu’alaihi wa sallam bersabda ‘Apabila tiba awal malam bulan Ramadhan, maka syetan-syetan dan jin yang durhaka dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, pintu-pintu surga dibuka dan tidak ada satu pintu pun yang ditutup, lalu (malaikat) penyeru menyerukan, “Wahai orang yang menghendaki kebaikan, datanglah. Wahai orang yang menghendaki kejelekan, berhentilah. Allah juga mempunyai pembebas-pembebas dari neraka. Hal itu (terjadi) pada tiap malam.” (H.R Tirmidzi no. 682 dan Ibnu Majah no.1642)

Dengan demikian, hadits tentang pengelompokan Ramadhan menjadi tiga memiliki kelemahan sanad dan matan. Maka dari itu, hadits ini tidak boleh kita sandarkan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan terlebih lagi -segala puji hanya bagi Allah- umat ini telah Allah khususkan dengan sanad dibandingkan dengan umat-umat yang lain. Dengan sanad dapat diketahui mana hadits yang dapat diterima dan mana yang harus ditolak, membedakan yang shahih dari yang jelek. Ilmu sanad adalah ilmu yang paling rumit, telah benar dan baik orang yang menamainya : “Ucapan yang dinukil dan neraca pembenaran khabar”.

Wallohu A’lam

, , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Kajian.Net
  • Kategori

  • rindusunnah.com
  • Calendar

    Agustus 2011
    S S R K J S M
    « Jul   Sep »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
%d blogger menyukai ini: