Pasang Target di Bulan Ramadhan

Alasan diwajibkannya berpuasa pada Bulan Ramadhan adalah karena pada Bulan inilah Al-Qur’an diturunkan, sebagaimana Firman Alloh ‘Azza wa Jalla:

“Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu…..”(Q.S Al-Baqoroh: 185)

Oleh karenanya, di Bulan inilah seluruh ‘amalan ditingkatkan secara optimal. Pada siangnya kaum mukminin melakukan puasa dan malam harinya kaum mukminin melakukan Qiyamul Lail, serta waktu-waktu lowong pun diisi dengan dzikir, i’tikaf, membaca buku Islami dan kegiatan bermanfaat lainnya.

Pada Bulan inilah momen kita untuk memperbaiki Bacaan Qur’an kita, memperbaiki hafalan Al-Qur’an yang telah terlupakan karena maksiat yang kita lakukan, serta menambah hafalan Qur’an, memahaminya untuk bisa kita amalkan.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ بِلْخَيْرِ وَ كَا نَ أَجْوَدَ مَا يَكُونُ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ إِنَّ جِبْرِيلَ عَلَيْهِ السَّلاَم كَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ سَنَةٍ فِي رَمَضَانَ حَتَّى يَنْسَلِخَ فَيَعْرِضُ عَلَيْهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ الْقُرْآنَ فَإِذَا لَقِيَهُ جِبْرِيلُ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَجْوَدَ بِالْخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ الْمُرْسَلةِ

Dari Ibnu ‘Abbas Radhiallahu’anhuma Dia berkata: “Rasulullah Sholallahu’alaihi wa sallam adalah orang yang paling banyak berbuat baik dan puncaknya adalah pada bulan Ramadhan.Sesungguhnya Jibril ‘Alaihi-Salam selalu menemani Rasulullah setiap tahun pada bulan Ramadhan hingga beliau wafat. Pada setiap bulan Ramadhan, Rasulullah Sholallahu’alaihi wa sallam selalu mendengarkan bacaan Al-Qur’an kepada Jibril. Ketika Rasulullah Sholallahu’alaihi wa sallam ditemui Jibril, maka kebaikan beliau melebihi angin yang bertiup kencang” (Mukhtasar Shahih Muslim, Hadits no. 1592. Halaman 311)

Dengan demikian, sebagai pengikut setianya, hendaknya kita di Bulan Ramadhan tahun ini mempersiapkan target kebaikan-kebaikan yang akan kita lakukan. Dalam hal ini, Peningkatan membacai Al-Qur’an adalah perioritas “UTAMA”.

عن عبد الله بن عمرو قال قال لي رسول الله صلى الله عليه وسلم صم من كل شهر ثلاثة أيام واقرأ القرآن في شهر

Dari Abdullan bin Amr Radhiallahu’anhu, dia berkata: “Rasulullah Sholallahu’alaihi wa sallam bersabda kepadaku. ‘Berpuasalah tiga hari setiap bulan, bacalah Al-Qur’an (sampai tamat) dalam sebulan……..(H.R Abu Dawud no. 1389)

Hendaknya sekurang-kurangnya seminimal mungkin pada Ramadhan ini kita mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak satu kali (1 x), dengan demikian di bulan lainnya kita akan bisa terlatih dengan ‘amalan yang kita lakukan di bulan Ramadhan ini.

Bisa kita bayangkan jika kita bisa mengkahatamkan Qur’an yang terdiri dari 114 surat, 6236 ayat dan sekitar 110.000 kosa kata. tidak terkira pahala yang kita dapatkan sebagaimana dalam Hadits:

سَمِعْتُ عَبْدُ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مَنْ قَرَأَ حَرْفً مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرٍ أَمْثَلِهَا لاَ أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Dari Abdullah bin Mas’ud Radhiallahu’anhu dia berkata, Rasulullah Sholallahu’alaihi wa sallam bersabda:”Siapa saja yang membaca satu kitab Alloh (Al-Qur’an) maka ia akan mendapatkan satu kebaikan karenanya dan sepuluh kebaikan yang serupa dengannya (dilipat gandakan sepuluh kali lipat). Aku tidak mengatakan bahwa alif laam miim itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, laam satu huruf, dan miim satu huruf.” (H.R Tirmidzi no. 2910)

Namun, jika mengkhatamkan Al-Qur’an begitu berat dalam satu bulan. Hendaknya kita menghapal 1 Juz dari Al-Qur’an dalam sebulan. Jika anda masih pemula dalam menghafal Qur’an maka bisa dimulai dari yang paling mudah yaitu Juz ‘Amma atau juz 30. Dengan demikian memori kita akan terisi dengan Al-Qur’an. Sesungguhnya mengahapal Al-Qur’an itu mudah sebagaimana Firman Alloh ‘Azza wa Jalla:

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (Q.S Al-Qomar ayat 17, 22, 32 dan 40)

Semoga kita bisa menjadi bagian dari para Hafizh Qur’an yang akan terus ada sampai akhir zaman…..

Namun, jika ini juga berat. Mungkin kita terlalu sibuk bekerja dan tidak ada waktu untuk tilawah Qur’an dan menghafalnya. Maka sebaiknya kita banyak memberi bantuan berupa moril atau materil kepada para pembaca dan hafizh Qur’an, bergaul dengan mereka secara baik, serta banyak mendengarkan bacaan Qur’an di majelis-majelis, kaset, Mp3 dan Ipod. Intinya sebelum mengamalkan Qur’an kita juga harus membaca, memahami dan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an tersebut sehingga kedekatan kita dengan Al-Qur’an akan terjalin dan jadilah kita sebagai
generasi Qur’ani.

Janganlah kita menjadi generasi musisi, yang waktu luangnya hanya dihabiskan menonton konser musik, mendengarkan musik-musik gombal dan pengumbar syahwat khususnya di bulan Ramadhan ini dan bulan-bulan lainnya. Bahkan sebagian besar anak muda lebih suka menghapal Sya’ir musik dari pada menghafal Al-Qur’an pedoman hidupnya.
Semoga kita tidak menjadi bagian dari mereka….

Waspadalah dengan Firman Alloh ‘Azza wa Jalla:

وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى, قَالَ رَبِّ لِمَ حَشَرْتَنِي أَعْمَى وَقَدْ كُنْتُ بَصِيرًا,قَالَ كَذَلِكَ أَتَتْكَ آيَاتُنَا فَنَسِيتَهَا وَكَذَلِكَ الْيَوْمَ تُنْسَى

“Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta”.Berkatalah ia: “Ya Tuhanku, mengapa Engkau menghimpunkan aku dalam keadaan buta, padahal aku dahulunya adalah seorang yang melihat?”Allah berfirman: “Demikianlah, telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, maka kamu melupakannya, dan begitu (pula) pada hari ini kamu pun dilupakan”. (Q.S Thoha ayat 124 – 126)

Wallohu A’lam

Semoga Target ‘Amalan kita bisa tercapai di Ramadhan Tahun ini. Mudahkanlah ya Alloh…..

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Kajian.Net
  • Kategori

  • rindusunnah.com
  • Calendar

    Agustus 2011
    S S R K J S M
    « Jul   Sep »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
%d blogger menyukai ini: